BOPELNEWS Arsenal Singkirkan Porto Lewat Adu Penalti

Mikel Arteta menggambarkan kemenangan Arsenal di Liga Champions atas Porto sebagai malam yang ajaib dan percaya bahwa hasil tersebut merupakan sebuah langkah besar bagi klub.

The Gunners sukses melangkah ke babak selanjutnya usai mengalahkan Porto pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2023/24. Bermain di Emirates Stadium, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB, tim tuan rumah menang adu penalti 4-2.

Gol Leandro Trossard di babak pertama membuat skor menjadi 1-1 secara agregat setelah tim asal Portugal unggul tipis di leg pertama, namun Arsenal tidak mampu mencetak gol kemenangan di babak kedua dan babak perpanjangan waktu sebelum mereka menang melalui adu penalti.

Ini adalah pertama kalinya klub asal London Utara mencapai babak perempat final sejak 2010, setelah sebelumnya mereka mengalami tujuh kekalahan beruntun di babak 16 besar dan absen selama enam musim dari kompetisi elit antarklub Eropa.

Malam Ajaib

Pasca pertandingan, Arteta mengaku senang Arsenal sanggup melewati laga alot yang penuh drama dengan bermain selama 120 menit dan adu penalti. Ia juga angkat topi dengan performa Porto yang menurutnya solid di laga ini.

“Malam yang ajaib,” ujar Arteta. “Apa yang kami harapkan, lawan yang sangat tangguh, terorganisir dengan sangat baik dan sangat sulit untuk menciptakan momentum yang konstan dalam permainan. Itu adalah pujian bagi mereka.

Langkah Besar Arsenal

Pemain pinjaman David Raya telah menjadi pahlawan setelah tidak dapat bermain melawan klub Brentford pada hari Sabtu saat Arsenal memenangkan pertandingan kedelapan berturut-turut di Premier League untuk memuncaki klasemen dengan 10 pertandingan tersisa.

“Tentu saja David, yang mengalami beberapa momen sulit untuk memulai namun mampu bangkit dengan kepribadian dan ambisi yang luar biasa. Pada akhirnya kami mendapatkan hadiahnya,” jelas Arteta.

“Saya melihat betapa mereka [Arsenal] menginginkannya, seberapa besar usaha mereka dan mereka mampu mengorbankan apa pun untuk menang. Ketika Anda bermain seperti ini, pada akhirnya, hal-hal baik akan menghampiri Anda.

“Ini adalah langkah besar lainnya, terutama sebagai sebuah klub. Selama tujuh tahun kami tidak pernah mengikuti kompetisi ini dan selama 14 tahun kami tidak pernah melangkah sejauh ini. Hal tersebut menunjukkan betapa sulitnya hal itu. Kami menginginkan lebih dan kami akan meraihnya, itu sudah pasti.”

Peluang Arsenal Juara

Arsenal juga mengincar gelar juara Premier League untuk pertama kalinya sejak 2003 dan Arteta percaya bahwa hasil ini akan menjadi dorongan bagi timnya, bahkan ketika mereka bersaing di dua kompetisi di musim ini.

“Itulah cara Anda harus melihatnya saat ini,” katanya. “Jika Anda tersingkir, Anda berpikir, ‘satu kompetisi yang lebih sedikit dan itu bagus untuk liga’, sekarang kami ada di dalamnya, energi yang dibawa di antara skuad. Itu bisa sangat kuat dan sangat berguna.”

Namun pelatih asal Spanyol itu meredam anggapan bahwa ia berpikir Arsenal akan memenangkan Liga Champions untuk pertama kalinya.

“Saya pikir itu masih sangat jauh,” tambahnya. “Sekarang saya akan duduk di rumah, saya akan melihat tim-tim lain yang harus kami hadapi dan memulai gunung besar lainnya untuk didaki.”

SILAHKAN CHAT KE WHATSAPP BOPELNEWS
UNTUK INFO LEBIH LANJUT SEPUTAR BOPEL.NEWS

~~~
KUMPULAN BERITA TERLENGKAP HANYA DI BOPELNEWS

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan